GDP POWER LUNCH X TINKERLUST "BRANDED MARKETPLACE FOR SMART SHOPPER". SMART WOMEN, SHOP SMARTER!

Hai semua!

Kali ini, aku mau sedikit sharing mengenai event yang diadakan oleh GDP Venture x Tinkerlust yaitu "GDP Power Lunch x Tinkerlust : "Branded Marketplace for Smart Shopper" April Edition. Event nya berlangsung di tanggal 17 April 2018, Di Courtyard Restaurant at The Hermitage, Menteng.

Photo Courtesy of GPD Venture x Tinkerlust team. From Left to Right : Ms. Shinta Rosita (Seller at Tinkerlust), Ms. Aliya Samitra (COO Tinkerlust), Ms. Samira Shihab (CEO Tinkerlust) & Ms, Prita Hapsari Ghozie (Financial Controller).

Photo Courtesy of GPD Venture x Tinkerlust team 

Untuk acaranya sendiri sebenarnya lebih ke talkshow dengan para speaker yang tentunya sangat pro dibidangnya yaitu : Ms. Samira Shihab as CEO dari Tinkerlust, Ms. Aliya Amitra as COO dari Tinkerlust, Prita Hapsari Ghozie sebagai Financial Controller dan juga salah satu top 10 seller dari Tinkerlust yaitu Ms. Shinta Rosvita. 

Oh iya, mungkin banyak dari kalian yang sudah tau Tinkerlust itu apa. Tapi, akan aku kasih tau lagi disini yaa. Tinkerlust adalah Markeplace yang menjual preloved fashion items untuk wanita di Indonesia. Tinkerlust sendiri sudah berdiri sejak tahun 2016, dan didirikan oleh Ms. Samira Shihab dan dan juga Ms. Aliya Amitra.

Yang membedakan Tinkerlust dengan platform preloved marketplace lainnya adalah Tinkerlust membantu para penjual barang tersebut dari awal hingga akhir penjualan, seperti : 
  • menjemput barang, 
  • mengkurasi barang, 
  • melakukan pengecekan keaslian barang yang akan dijual, 
  • memberikan penilaian harga barang, 
  • melakukan pemotretan barang, memasukkan ke website
  • dan juga menyediakan customer service untuk calon pembeli bertanya,
  • sampai dengan mengirimkan barang tersebut kepada pembeli.
Selain itu, Tinkerlust juga memiliki empat prinsip yaitu :
  • Environment (menyediakan tempat untuk menjual fashion yang sudah tidak digunakan sehingga memperkecil kemungkinan akan limbah fashion),
  •  Smart Shopping (menyediakan fashion bermerek dengan harga terjangkau untuk para pembeli dam menawarkan fashion tersebut untuk dijual kembali sehingga memberi kepuasan belanja dengan biaya super hemat), 
  • Living More Simply (Marie Kondo Method. Dimana Tinkerlust mengedukasi para wanita untuk memiliki dan menyimpan barang fashion dalam jumlah lebih sedikit untuk dipakai dan menjual barang yang sudah tidak terpakai di Tinkerlust), dan yang terakhir adalah,
  • By Women and For Women (dimana Tinkerlust dipimpin oleh wanita dan memberikan solusi untuk para wanita juga).
Photo Courtesy of GPD Venture x Tinkerlust team . Disini Ms.  Shinta Rosvita sedang menjelaskan pengalamannya sebagai seller di Tinkerlust.

Di acara Power Lunch kali ini juga dijelaskan oleh Ms. Prita Hapsari Ghozie sebagai Financial Controller, bagaimana cara menjadi smart shopper. Menurut beliau, belanja itu merupakan kewajiban bagi wanita. Entah sebagai pelepas stress ataupun juga sebagai sarana untuk makin mencintai diri sendiri dengan tampil cantik. Saran dari beliau yang paling berguna menurutku adalah :
  • Selama 3- 6 bulan, kita harus rutin megkurasi lemari kita. Tentunya agar barang tidak menumpuk di lemari, dan barang fashion yang tidak terpakai bisa dijual kembali di Tinkerlust tentunya.
  • Yang kedua adalah memisahkan rekening pribadi dengan rekening khusus shopping. Rekening khusus shopping ini max adalah 15-20% jumlah dari pendapatan kita dalam satu bulan atau pendapatan dari bonus seperti THR. Sedangkan rekening pribadi sudah tidak boleh diotak atik lagi saldonya.. :p
Selain itu, aku juga dapat insight menarik dari Ms. Shinta Rosvita sebagai salah satu top 10 seller di Tinkerlust. Beliau bilang kalau selama berjualan di Tinkerlust, setiap bulan pasti akan ada pemasukan alias barang yang dijual disana, cepat atau lambat pasti laku!. Keren banget kan? Jadi makin tertarik banget deh buat belanja dan berjualan di Tinkerlust!.


Nah selain dapet insight dan juga ilmu baru mengenai cara menjadi smart shopper tanpa bikin kantong bolong, aku juga dibagikan voucher sebesar IDR 350.000 dari Tinkerlust with No Minimum Purchase. Tentunya kesempatan ini ngga aku lewatkan dong untuk mengupdate isi lemariku :p. Sebagai first time shopper di Tinkerlust, aku sebenarnya agak takut kalo proses belanjanya akan ribet. Tapi ternyata simple banget dan juga prosesnya memudahkan untuk pembeli. Dibawah ini aku bakal jelasin step by step nya ke kalian semua yaa :D :


Pertama tentunya kita harus buka website Tinkerlust dulu, dan daftar sebagai pembeli (karena tujuannya disini untuk beli. kalau kalian mau berjualan, bisa mendaftar sebagai penjual ya). Setelah selesai mendaftar, akan muncul dashboard, dan kalian bisa langsung melengkapi data yang tertera diatas.



Setelah itu, kalian bisa pilih- pilih barang apa saja yang kalian mau. Bahkan agar lebih mudah lagi, kalian bisa filter, sesuai dengan harga- size dan palette warna yang kalian sukai!.


Nah setelah selesai memilih, kalian bisa langsung proses check out dan masukan kode voucher nya jika ada :D

Setelah itu, kalian akan mendapatkan nomor rekening Tinkerlust, dan kalian bisa transfer kesitu sesuai dengan ketentuan yang berlaku :D. Nantinya kalian juga akan dikirimkan e-mail mengenai order kalian, juga step- by step untuk konfirmasi order kalian .





Nah setelah kalian konfirmasi, barang akan segera dikirim. Aku hanya menunggu sekitar 2 hari dan setelah itu barangnya sudah kuterima :D. Untuk penampakannya, seperti dibawah ini : 

Brand baju yang aku belanjakan di Tinkerlust : Cotton Ink. Shop at Velvet (2 items)

Bisa dilihat, kalau kemasannya BAGUS BANGET. Bener- bener kaya beli baju baru. Bahkan bajunya juga wangi dan ber label juga. Kondisinya pun perfect!. Dibawah ini ada salah satu foto baju yang sudah kupakai :

Aku dan hasil shoppingku bersama Tinkerlust

Baju ini brand nya adalah Shop at Velvet. Dan sekarang jadi salah satu baju favoritku banget. Pokoknya aku sangat senang bisa diundang sama GDP Venture x Tinkerlust untuk join di event mereka, dan lebih senangnya lagi, bisa "kenalan" sama service excellent nya dari Tinkerlust, dan juga dapat ilmu baru untuk jadi smart shopper!. Dan tentunya juga bisa berkenalan dengan teman blogger lainnya nih :

Photo Courtesy of GPD Venture x Tinkerlust team. Me and by Blogger Friends.

Next time pastinya aku akan belanja lagi di Tinkerlust dan kemungkinan besar akan menjual barang fashion ku disana :D. Kalian juga jangan mau ketinggalan yaa. Yuk ah kita jadi smart shopper dengan belanja dan berjualan di Tinkerlust!.


Until my next post!

-Tasya





Powered by Blogger.