COOKING IN STYLE WITH OXONE INDONESIA


Hi everyone!

Postingan aku kali ini agak berbeda dibanding dengan sebelum- sebelumnya. Kalau sebelumnya aku lebih banyak membahas mengenai make-up. skin care, dan review produk maupun jasa, kali ini aku bakal menulis tentang cooking demo yang diadakan oleh Oxone Indonesia. 

Aku excited banget waktu mendapatkan undangan dari C-Channel untuk datang ke acara cooking demo untuk masakan khas Bangka, yang dibawakan oleh Chef Eddrian Tjia.Perlu untuk semua readers ketahui, Chef Eddrian ini adalah salah satu chef spesialis masakan Bangka. Jadi bisa kebayang kan gimana enaknya masakan beliau ini. Selain itu resepnya juga authentic khas Bangka, dan tidak di modifikasi. Selain itu Chef Eddrian juga ditemani oleh Michelle Pangemanan sebagai Influencer dan penggiat pola hidup dan makanan sehat. Dan yang bikin lebih happy lagi, acaranya diadakan di mall dekat rumahku, yaitu di PIK Avenue. Dan event ini adalah event yang rutin diadakan oleh Oxone. Untuk cooking demo di PIK Avenue, merupakan event yang ke empat kalinya.

Anyway, ini adalah pertama kalinya aku datang ke event cooking demo. Jadi sebenernya penasaran juga acaranya bakal seperti apa.  Diacara ini, tentunya semua cooking utensils menggunakan brand Oxone. Oxone adalah brand lokal yang menyediakan peralatan dapur dan rumah tangga berkualitas sejak tahun 2001. Dengan produk lengkap dan harga yang terjangkau, produk Oxone didedikasikan untuk koki rumahan atau ibu rumah tangga yang senang memasak dan memanggang .

Oxone mempunyai tagline “Oxone Homemade with Love” yang bertujuan memberdayakan wanita, keluarga dan ibu rumah tangga untuk bisa memasak layaknya professional di rumah. Karena Oxone mendukung masakan rumahan, dan dengan memasak dirumah ibu dapat menjaga nutrisi dan gizi terbaik yang akan diberikan ke keluarganya 





Oh iya, untuk menu masakan yang disajikan adalah "Bujan Khas Bangka" dan "Lempah Kuning".
Chef Eddrian juga baik banget loh untuk sharing resepnya. Aku juga akan share disini ya supaya semuanya bisa masak juga dirumah! :

Lempah Kuning :

Bumbu Halus:
  • terasi
  • bawang merah
  • bawang putih
  • kunyit,
  • lengkuas
  • Pastikan semua bumbu ini dihaluskan, kalau males pakai ulekan, bisa pakai blender.


Bahan Utama:

  • Ikan laut
  • Buah nanas dipotong- potong
  • Air asam jawa
  • Cabe rawit merah utuh


Sambil menyiapkan bumbu tersebut, siapkan juga air untuk di didihkan. Setelah mendidih, masukkan bumbu halus, dan potongan buah nanas sampai empuk. Setelah itu masukan air asam jawa, cabe rawit dan juga ikan tenggiri. Dan jangan lupa tambahkan garam untuk menambah rasa.

Lalu ada resep kedua hasil masakan Chef Eddrian, yaitu "Bujan Khas Bangka". Awalnya aku bingung, bujan itu apa ya? ternyata  Bujan itu sejenis otak-otak namun berbahan dasar talas dan ikan. 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Bujan juga cukup mudah untuk didapatkan, yaitu :

  • Talas diparut
  • Ikan tenggiri dihaluskan
  • Tauco Asin
  • Penyedap rasa dari jamur
  • Bawang putih dihaluskan
  • Tepung tapioka
Cara membuatnya juga mudah, semua bahan dicampurkan,dan dibentuk sesuai selera. Lalu digoreng dengan minyak panas sampai berwarna kecoklatan. Prosesnya mirip seperti pembuatan perkedel.


Untuk penyajiannya bisa dengan cuka merah khas bangka atau dengan saos sambal.

Seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya, semua peralatan masaknya menggunakan brand Oxone. Antara lain adalah Oxone Ceramic Stove dan Oxone Cast Iron Series. Oxone cast iron series adalah sebuah inovasi baru dalam peralatan masak yang sempurna karena bisa digunakan untuk menggoreng, menumis, merebus dan memanggang dalam satu peralatan masak.  Oxone Cast Iron Series berbahan dasar baja, memiliki kapasitas panas volumetric yang sangat tinggi, sehingga tingkat suhu panasnya stabil dan merata membuat masakan matang dengan sempurna. Didukung dengan material baja dan lapisan enamel yang berkualitas dan tahan lama, masakan pun tidak akan lengket saat dimasak dan lebih sehat.
Untuk memarut talas yang digunakan sebagai bahan dasar dari Bujan, Chef Eddrian menggunakan Oxone Salad Slicer. 



Sebagai penutup, Chef Eddrian mengajak Michelle Pangemanan sebagai influencer dan guest chef kali ini untuk menghidangkan jus sehat, dengan menggunakan salah satu produk terbaru Oxone, yaitu Oxone Master Slow Juicer. Jus yang dibuat adalah Jus Apel + Wortel tanpa tambahan air dan gula sama sekali.

Kelebihan dari Oxone Master Slow Juicer ini adalah kita tidak perlu memotong buah kecil- kecil karena akan secara otomatis terpotong saat buah tersebut kita masukkan kedalam juicer. Selain itu, Oxone Master Slow Juicer juga memiliki teknologi yang lebih baik dalam memisahkan ampas buah dengan sari buah. Sehingga sari buah yang dihasilkan akan lebih banyak, dan juga warnanya pun lebih terang karena minim oksidasi.

Dan satu hal lagi yang paling bikin happy adalah, aku menang door prize yang diadakan oleh Oxone!. Hadiahnya adalah Mirror Microwave OX- 77D. Dan untuk spesifikasi produknya bisa kalian lihat disini : http://www.oxone-online.com/en/kitchen/microwave-oven/ox-77d-mirror-microwave.php


Sekian dulu event reportku kali ini. Untuk kalian yang tertarik ingin melihat dan membeli produk Oxone lainnya, kalian bisa langsung kunjungi website Oxone di www. oxone-online.com, dan social media Instagram Oxone  di@oxoneonline dan juga Facebook Oxone "Oxone Online".

See you on my next post!


- Tasya


No comments:

Powered by Blogger.