Staycation VS Vacation : Pilih Yang Mana?

Hi Friends,

Kali ini aku mau menulis tentang liburan singkatku beberapa waktu yang lalu. Sesuai dengan judul tulisan ini, aku juga ingin memberikan informasi pembanding antara staycation dan vacation. Mungkin kalau istilah vacation, sudah banyak yang familiar, dan biasanya identik dengan perjalanan keluar kota atau keluar negeri dengan menggunakan flight pesawat. Atau bisa juga dengan menggunakan moda transportasi lainnya seperti kapal maupun kereta maupun mobil pribadi. Dari segi budget, tentunya lebih mahal karena banyak yang harus diperhitungkan seperti tiket pesawat, akomodasi, budget untuk hotel dan juga oleh- oleh.

Sedangkan staycation, lebih identik dengan pergi berlibur dengan menginap di hotel yang sebetulnya bisa dibilang tidak terlalu jauh lokasinya dari rumah. Alias liburan dengan budget yang cukup minimalis. Biasanya hanya 1-2 malam, dan biaya transportasi maupun akomodasi selama menginap tidak semahal vacation.

Kecuali untuk luxurious staycation ya, yaitu menginap di hotel berbintang yang harga permalamnya cukup mahal.

Staycation di Hostel Jakarta Utara

Disini aku mau berbagi informasi yang pertama, yaitu pilihan hotel untuk staycation di Jakarta Utara. Kenapa aku memilih Jakarta Utara, jawabannya adalah karena waktu yang aku miliki kebetulan cukup terbatas, dan budgetku minimalis,. Selain itu aku juga butuh akses yang membantu mobilitasku saat itu, sehingga pilihanku jatuh ke POSHTEL di Jakarta Utara, tepatnya kawasan Pantai Indah Kapuk.

POSHTEL adalah hostel untuk backpacker dengan tema minimalis dan clean. Suasananya juga cukup sepi, mungkin karena daerah PIK bukan tujuan wisata ya, kecuali memang ingin wisata kuliner. Tapi walaupun jenisnya adalah Hostel, mereka juga tetap menyediakan private room single/ double bed loh. Jadi untuk kalian yang tidak nyaman sharing dengan backpacker lain, kalian tetap bisa memilih private room.

Tour de POSHTEL

Selanjutnya, aku mau mengajak kalian untuk melihat Poshtel. Ini adalah ruangan Lobby nya. Jadi di Poshtel itu, ada co-working space. Jadi di Lobby nya sendiri lebih mirip dengan Co-Working space dibandingkan dengan Lobby Hotel. Disini ada meja resepsionis, kemudian ada kulkas, dispenser dan juga beberapa meja dan kursi.

Aku juga mau menginformasikan nih, kalau kalian mau check in, jangan lupa siapkan uang deposit cash sebesar 100rb ya, beserta KTP kalian. Karena sistem booking dan check in nya sama dengan hotel pada umumnya.

Kemudian, setelah selesai urusan check in, aku langsung diajak ke lantai 3, tempat aku menginap. FYI, menurutku poshtel ini kurang family and kids friendly karena tidak tersedia lift. Jadi kalau bawa baby/ toddler beserta stroller dan perlengkapannya akan cukup ribet. Walaupun kamarnya di lantai 1, karena jarak antar lantai cukup tinggi.

Ditambah lagi ruangannya juga kurang kedap suara, sehingga mungkin diberikan peraturan seperti ini :

Sampai di lantai 1, ada common room untuk duduk santai dan juga ada beberapa loker untuk menyimpan barang.

Dan untuk setiap lantai, lorongnya bentuknya seragam seperti ini.

Di lantai dua merupakan lantai untuk sharing room dengan tipe tempat tidur bunk bed. Ada yang khusus perempuan dan laki- laki, juga ada sharing toiletnya juga.

My Room Tour :

Selanjutnya, di lantai tempatku menginap yaitu di lantai 3, sepertinya khusus untuk private room, kalau tidak salah ada 3 kamar. Salah satunya, adalah kamar yang aku tempati.

Dan, beginilah kondisi kamarnya :

Dikamar ada 1 meja kecil dan dua colokan, masing- masing di sisi kiri tempat tidur. Tidak ada lemari maupun rak untuk meletakkan barang. Jadi, tas aku letakkan di lantai . Untuk handuk, disediakan dua buah, digantung di hanger. Juga tidak ada TV. Kamarnya tidak luas tapi tidak terlalu sempit juga. Tetap nyaman saja sih menurutku kalau untuk tidur 1-2 malam. Dan disini tidak ada jendela, namun ada ventilasi.

Lalu yang aku sukai dari tempat ini, walaupun saat disana aku tidak menggunakan sinyal wifi, sinyal dari providerku tetap lancar. Selain itu ACnya dingin dan seprai juga selimutnya bersih.

Untuk kamar mandi, surprisingly cukup luas. Dan ada shower. FYI, mereka tidak menyediakan sikat gigi dan odol. Hanya sabun cuci tangan, shampoo dan sabun mandi saja. Dan pada saat aku kesini, air panasnya tidak berfungsi. Tapi buatku tidak masalah karena aku mandi selalu menggunakan air dingin.

Satu hal yang agak mengganjal adalah saat aku booking dan check in, di infokan bahwa sarapan pagi tersedia jam 10. Akan tetapi saat aku turun kebawah keesokannya, tidak ada sarapan pagi. Untungnya disekitar hostel banyak menjual makanan. Dan mudah untuk memesan makanan via online.

Kalau diminta kasih rate, aku bakal kasih rate 8 from 10. Karena buat aku, penerangan kamar yang baik, kebersihan kamar dan akses yang mudah sudah membuat aku merasa happy sih hehehe.

Cara Mudah Pesan Tiket Pesawat via Aplikasi Pegipegi

Oh iya, masih relate dengan staycation, buat kalian yang merasa staycation di kota kalian itu nanggung, punya budget lebih, buat naik pesawat ke Singapore naik Singapore Airlines kalian bisa loh pesen tiketnya di Pegipegi. Kebetulan aku baru aja download aplikasi terbaru dari Pegipegi. Menurutku, user interface nya mudah dimengerti dan kita dimudahkan banget untuk melakukan pemesanan tiket dari Aplikasi Pegipegi , seperti dibawah ini nih :

Setelah semua lengkap, kalian hanya tinggal melakukan pembayaran. Dan jika pembayaran sudah terkonfirmasi, kalian hanya tinggal menunggu e-mail yang berisi e-ticket kalian. Mudah banget kan? Jadi, jangan lupa ya untuk pesen tiket pesawat maupun booking hotel dan lainnya di aplikasi Pegipegi !

See you on my next post!

Comments

1. Salam kenal. Hostelnya keren yaak. Wajib dicoba nih.

ReplyDelete
  2. Yuni pernah juga lho nginap di hostel begitu di Surabaya. Jadi kamarnya ya memang sharingroom gitu. Kaget dong Yuni, secara belum pernah tahu modelan hotel buat para backpacker begitu. At least tetap nyaman sih. Hehehe

3. Minimalis banget hotelnya ya.. kayanya emang cocok buat yang backpakeran ato lagi dines sebentar di Jkt