SPOTS - Mesin EDC Yang Memudahkan Transaksi di UMKM

January 09, 2020
Happy New Year 2020!

Kali ini aku mau menulis pengalaman kulineran aku selama liburan akhir tahun kemarin. Kebetulan, aku doyan banget yang namanya jajan. Dari mulai jajanan yang murah meriah dipinggir jalan, sampai dengan jajanan yang ada di mall, semuanya aku cobain (kalo bisa, dan kalo ada duitnya hahaha). 

Kebetulan, akhir tahun kemarin aku nggak pergi kemana-mana, hanya dirumah saja. Karena lagi sibuk banget dengan kuliah dan thesis. Jadilah hampir setiap hari aku jajan dengan menggunakan jasa online, yaitu Go Food. Dari mulai jajanan ringan sampai makanan berat aku beli.

Tapi kok ya lama-lama bosan juga kalua hanya belanja via Go Food. Sesekali ingin juga berkunjung langsung ke tenant yang berjualan makanan. Supaya bisa leluasa memilah- milih secara langsung. Dan dibanding makan  dirumah, sebetulnya aku lebih suka makan diluar, hitung- hitung refreshing juga. Akhirnya, di suatu hari aku memutuskan untuk keluar rumah buat berburu jajanan enak. Tapi sayangnya, aku salah tanggal. Aku keluar rumah tanggal 31 Desember 2019. Jadi sudah banyak tempat jajanan enak yang tutup. 

Tapi beruntung di daerah perkantoran kuningan, aku menemukan jajanan yang enak dan sesuai dengan seleraku :


Disini aku memesan dua varian makanan, yaitu kentang dengan topping mozzarella dan juga es susu coklat.  Pada saat melakukan transaksi, aku tertarik saat melihat mesin EDC mereka. Tulisannya adalah SPOTS. 

Apa sih SPOTS itu?

Spots adalah aplikasi daring atau aplikasi online yang sistemnya memakai sistem pembayaran Point Of Sale (POS). Kalo dilihat sih mirip ya dengan mesin EDC bank pada umumnya. Tapi ternyata SPOTS ini berpartner dengan Go Jek, sehingga bisa digunakan sebagai Mesin EDC GoPay juga.

Dan setelah aku cari tahu lebih lanjut, sudah cukup banyak merchant yang menggunakan SPOTS sebagai alat pembayaran. Dan juga, SPOTS dapat digunakan sebagai mesin EDC dengan kartu debit, dan juga mencetak resi secara langsung tanpa pakai printer external / tambahan lagi. Jadinya go green karena nggak banyak buang- buang kertas. 

 Cara menggunakan mesin EDC dengan kartu debit ini pun, sama dengan mesin EDC pada umumnya. Kalau untuk pengguna Debit card, tinggal gesek aja seperti transaksi dengan kartu ATM. Lalu untuk transaksi go pay hanya tinggal scand barcodenya saja. Praktis banget kan?. 




Selain itu, SPOTS juga mempermudah merchant yang menggunakan Go Food, karena penjual makanan nantinya bisa mengisi menu mereka secara manual, bisa mengatur harga, jumlah menu, porsi sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, merchant pengguna SPOTS juga dapat notifikasi langsung apabila ada yang mengorder Go Food. Jadi nggak harus berkali- kali kroscek sana sini.

Disini mereka juga bisa memantau berapa pendapatan dalam satu hari penjualan, untuk menghindari kecurangan. Pokonya sangat membantu untuk pengusaha, terutama pengusaha UMKM.


Nah selain di Merchant Pato-pa di kawasan kuningan, untuk kalian yang tinggal di kawasan Tangerang tepatnya di Greenlake City, merchant Koko Bowl juga sudah memakai SPOTS loh!


Setelah ini  pasti muncul pertanyaan :

Mahal nggak sih kalau mau berlangganan SPOTS?

Jawabannya, tentu saja tidak. Harganya cukup terjangkau yaitu, Rp. 490.000 all in dengan biaya per hari sebesar Rp 4.900,00 aja. Jadi daripada bayar mesins kasir, printer, tablet mahal lebih baik berlangganan SPOTS yang murah dan all in, juga membuat proses pembayaran juga pembukuan menjadi jauh lebih mudah!.

2 comments:

  1. Kentangnya kelihatannya enak. Mereka punya varian rasa apa aja ya?

    ReplyDelete
  2. Ternyata banyak juga ya merchant yang menggunakan mesin EDC Spots di Tangerang

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar! Saya membaca dan membalas semua komentar yang ditinggalkan disini. Mohon maaf, untuk komentar yang memiliki link hidup, bernada melecehkan dan mengandung unsur SARA, akan saya hapus seketika.

Powered by Blogger.