Empat (4) Destinasi Wisata Impianku di Papua

March 19, 2020
Hi Readers,

Selama ini, aku memiliki teman- teman yang suka sekali bepergian atau travelling. Dan banyak dari mereka yang lebih suka travelling keluar negeri. Contohnya, ke Singapura, Thailand, Benua Eropa, Australia, maupun ke Amerika. Alasannya adalah, lebih baik sekalian yang jauh kalau ingin travelling. Dan tidak sedikit juga dari mereka yang bilang kalau travelling di Indonesia itu, mahal. Dengan kata lain, dari mulai biaya tiket, akomodasi dan juga oleh- oleh, terhitung lebih mahal atau berbeda sedikit dibandingkan dengan travelling keluar negeri.

Akan tetapi semakin lama, pariwisata di Indonesia semakin digalakkan dan semakin berkembang dengan pesat. Seiring dengan berkembangnya dunia pariwisata lokal, sekarang sudah mudah sekali kita menemukan promo hotel, tiket pesawat, tiket kereta, tiket kapal, maupun promo open trip yang terjangkau. Dan hal ini semakin menambah minat masyarakat di Indonesia, termasuk teman- temanku untuk lebih sering traveing di Indonesia. 

Sedangkan aku sendiri juga berprinsip, ingin mengunjungi kota- kota di Indonesia. Baik yang sudah terkenal dengan keindahan alamnya, maupun yang belum tersentuh sama sekali. Salah satu tempat yg ingin aku kunjungi adalah Papua.

Kenapa Papua?

Sebagian orang sudah mengetahui bahwa papua merupakan salah satu destinasi wisata hijau. Karena alamnya yang masih sangat apik dan terjaga kealamiannya. Aku belum pernah berkunjung ke Papua, akan tetapi aku sudah cukup banyak browsing dalam rangka mencari tahu tentang keindahan Papua. Dari sekian banyak destinasi wisata hijau yang ditawarkan di Papua, ada beberapa tempat wisata yang menurutku wajib untuk dikunjungi saat berada di Papua :

Taman Nasional Teluk Cendrawasih


Picture credit : https://rimbakita.com/taman-nasional-teluk-cendrawasih/

Taman nasional teluk cendrawasih ini adalah taman perairan dengan luas kurang lebih 1,453,000 hektar, dan didirikan pada tahun 1993. Taman nasional teluk cendrawasih merupakan kawasan konservasi laut terbesar di Indonesia. Disini terdapat berbagai jenis moluska, dan juga berbagai jenis ikan. Salah satu pulau yang terkenal di Taman nasional teluk cendrawasih adalah Pulau Mioswaar, Pulau Yoop, Pulau Nusrowi dan banyak lainnya yang dapat kita nikmati keindahannya

Raja Ampat

Picture credit : https://www.indonesia.travel/gb/en/destinations/maluku-papua/raja-ampat

Adalah salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Papua. Raja ampat terkenal dengan banyak pulau disekitarnya yang dapat kita jelajahi dengan Trekking, dan memiliki biota laut yang sangat beragam. Saat yang paling direkomendasikan untuk berkunjung ke Raja Ampat adalah di bulan Oktober dan November, karena cuaca sangat bagus dan air laut juga sangat jernih sehingga jarak pandang saat menyelam juga sangat ideal. 

Lembah Baliem 


Picture credit : https://www.travelblog.id/page/111/?cat=-1&mode=grid

Lembah Baliem merupakan tempat tinggal suku Dani, Yali dan Lani yang terletak di sekitar Pegunungan Jayawijaya. Lembah Baliem berada di ketinggian 1.600 meter di atas laut membuat suhu di tempat ini bisa mencapai 10-15 derajat Celcius pada malam hari. Jika kalian ingin melihat suku asli papua dan berinteraksi dengan mereka yang masih memakai koteka bagi pria dan rok rumbai bagi perempuannya, maka Lembh Baliem adalah destinasi yang pas. Setiap bulan Agustus, Lembah Baliem menjadi tempat wisata di Papua yang menarik banyak perhatian wisatawan. Karena, selama tiga hari diselenggarakan acara tahunan yaitu Festival Lembah Baliem. Festival ini diadakan sebagau  cara pemerintah untuk menghapuskan perang antar suku yang sering terjadi di sini. Sehingga festival ini diadakan untuk mengubah perang tersebut menjadi pertunjukan seni dan budaya untuk mengundang wisatawan. 

Pantai Bosnik


Picture credit : https://backpackerjakarta.com/kejernihan-pantai-bosnik-papua/

Pantai Bosnik lokasinya berada 15 km dari pusat kota Biak. Pantai ini terkenal karena keindahan  hamparan pasir luas dengan air jernih kebiruan juga deretan pohon kelapa yang berjejer dengan sangat indah. Pantai ini cocok sekali untuk bersantai bersama keluarga. Karena selain bisa menikmati keindahan pantai, banyak juga sajian kuliner khas papua di sekitaran pantai yang dapat dinikmati bersama dengan keluarga. 

Hutan Papua Sebagai Wilayah Konservasi Dunia

Selain terkenal dengan pantai dan pegunungannya yang Indah, Papua juga terkenal dengan kawasan hutan yang terkenal sebagai wilyah konservasi dunia. Jadi tidak hanya berwisata ke daerah pantai, hutan di Papua pun sangat layak untuk dikunjungi. Sebagai informasi,  kawasan hutan Papua dilindungi oleh Pemerintah Indonesia EcoNusa ,  dan juga dunia. Sebagaimana dengan wisata laut beserta ekosistemnya di Papua. Maka dari itu, saat berwisata, hendak nya kita juga bersama- sama membantu pemerintah Indonesia dalam menjga kelestarian alam di Papua tercinta.

1 comment:

  1. Indah sekali pemandangannya, semoga selalu terjaga kelestarian alamnya ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar! Saya membaca dan membalas semua komentar yang ditinggalkan disini. Mohon maaf, untuk komentar yang memiliki link hidup, bernada melecehkan dan mengandung unsur SARA, akan saya hapus seketika.

Powered by Blogger.