Investasi Mudah untuk Pemula Mulai dari 100 Ribu

Hi Readers,

Berbeda dengan tulisanku yang biasanya, kali ini aku mau sharing sama kalian mengenai pengalamanku yang baru pertama kali mencoba berinvestasi. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah banyak yang berinvestasi, tapi aku rasa ada juga yang belum atau baru saja akan memulai seperti aku.

 Alasan aku belum pernah berinvestasi adalah karena aku kurang melek dengan dunia keuangan, dan dari pasangan maupun orang tua juga lebih mensupport cara tradisional dalam menyimpan uang. Seperti, menabung di bank dan beli emas. Karena menurut mereka, berinvestasi dengan cara yang (menurutku) lebih modern itu membutuhkan modal yang tidak kecil, serta strateginya juga rumit. Selain itu, resikonya pun besar. Jadi mereka selama ini selalu melarang aku untuk berinvestasi.

Tapi aku jadi semakin yakin untuk mencoba berinvestasi sejak kehamilanku yang pertama, karena tentu saja aku sangat perduli dengan dana pendidikan anakku kelak, dan juga tabungan untuk anakku. Selain itu, aku juga mulai banyak membaca literasi tentang keuangan dan juga bertanya kepada orang yang menurutku kompeten dan paham mengenai Investasi. Akhirnya aku memutuskan untuk mencoba investasi pemula di Akseleran.


Akseleran 

Concern utamaku saat ini, sebagai full time freelancer tentu saja modal investasi. Karena, seperti yang banyak orang ketahui penghasilan freelancer itu tidak menentu. Dan sebagai investor pemula, tentu saja aku ingin investasi yang minim risiko dan juga sebisa mungkin modalnya tidak terlalu besar di awal. Selain itu, ditambah dengan kehamilan tentunya aku juga mulai harus memilah job mana saja yang akan saya ambil, karena secara tidak langsung kehamilan membatasi ruang gerak saya untuk mengambil job yang jaraknya terlalu jauh atau terlalu banyak dalam satu bulan.

Concern aku ini, terjawab oleh Akseleran. Karena, untuk memulai investasi pertama kali, modalnya mulai dari Rp100.000. Selain itu, platform Akseleran juga sangat mudah untuk dimengerti oleh seseorang yang buta dengan dunia finansial seperti saya.

Mengenal Akseleran 

Berdasarkan dari website Akseleran (www.akseleran.co.id) :

"Akseleran adalah platform Peer to Peer (P2P) Lending di Indonesia yang menghubungkan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usaha dengan kumpulan pemberi pinjaman yang memiliki dana lebih untuk mendanai pinjaman tersebut. Akseleran berharap dapat mendorong pengembangan UKM di Indonesia yang menguntungkan bagi pelaku usaha dan kumpulan pemberi pinjaman yang mendukungnya."

Akseleran berdiri pada tanggal 2 Oktober 2017, dan merupakan salah satu perusahaan startup dalam bidang financial technology (fintech) di Indonesia, bergerak dalam Peer to Peer Lending (P2P), serta memiliki ijin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, untuk memudahkan kita semua, Aplikasi dari Akseleran sudah bisa juga di download di Apple App store (iOs) dan juga Google Play Store (Android).


Setelah membaca penjelasanku, aku rasa masih banyak yang bertanya- tanya mengenai perbedaan antara Investasi biasa dan P2P lending. Pengertian dari Investasi secara singkat adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik lebih besar di masa yang akan datang.

Sementara P2P Lending adalah metode pemberian pinjaman uang kepada individu atau bisnis, dan juga mengajukan pinjaman kepada individu atau bisnis. P2P lending berarti menghubungkan antara peminjam (borrower) yang merupakan pelaku usaha atau perorangan yang memiliki usaha dan pemberi pinjaman (lender) secara online.

Kenapa Memilih Akseleran?

Kembali kepada concernku di awal yaitu modal awal berinvestasi atau mengembangkan dana yang sangat terjangkau di Akseleran, yaitu mulai dari Rp100.000. Keuntungan yang didapatkan pun tidak kecil, bisa mencapai hingga 21% per tahun. Sedangkan untuk peminjam, dana yang dapat dipinjam mulai dari Rp200 juta sampai dengan Rp2 miliar. Kemudian Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan juga dengan mudah diakses kapan saja dan di download melalui Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS), atau bisa melalui website Akseleran di www.akseleran.co.id 

Cara Membuat Akun Akseleran

Untuk dapat berinvestasi pendanaan atau mengembangkan dana di Akseleran, caranya sangat mudah, yaitu :
1.       Download Aplikasi Akseleran pada Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS) di handphone Anda (saya lebih memilih via aplikasi karena menurut saya lebih simple)
2.      Setelah download, buka aplikasi kemudian klik "Daftar"
3.      Masukan email dan password
4.      Kemudian jangan lupa untuk centang kebijakan privasi
5.      Jika diminta memasukkan kode referral, jangan lupa untuk memasukkan "AKSLTASYA329845" agar dapat FREE SALDO sebesar Rp100.000, nantinya akan ada pemberitahuan singkat mengenai penambahan saldo
6.      Kemudian jangan lupa verifikasi email dan nomor handphone
7.      Cara verifikasi email : cek inbox atau spam folder di email, kemudian klik link yang dikirimkan oleh Akseleran
8.     Cara verifikasi nomor handphone : pastikan posisi HP dalam keadaan aktif, lalu masukkan kode OTP yang  dikirimkan oleh Akseleran ke nomor HP 
9.      Jika sudah, kembali ke Aplikasi dan pilih preferensi sebagai pemberi pinjaman (Lender)
10.  Dan, pilih  "Perorangan"





Jika sudah selesai, tahapan selanjutnya adalah pengisian data diri, dengan proses sebagai berikut :

1.       Masukkan nomor KTP
2.      Masukkan nomor NPWP
3.      Proses E-Signature atau tanda tangan digital untuk perjanjian keanggotaan di PrivyID. Untuk step by step nya, ikuti instruksi di Aplikasi
4.      Akan masuk notifikasi di email
5.      Buka Inbox, kemudian jika sudah menerima bahwa pendaftaran berhasil, maka proses registrasi dinyatakan valid.


Kemudian, tahapan terakhir adalah tahap memberikan pinjaman atau investasi pendanaanProsesnya adalah sebagai berikut : 

1.       Masuk kembali ke aplikasi Akseleran
2.      Pilih akan memberikan pinjaman atau investasi pendanaan dimana untuk dana Rp100.000 yang tersedia (pilih kampanye yang belum terkumpul 100% ya)
3.      Pilih "Beri Pinjaman"

Untuk dana Rp100.000 ini baru akan bisa ditarik saat masa pinjaman berakhir atas kampanye yang kita pilih ya. Dan saldo kode referral ini berlaku selama satu minggu sejak melakukan registrasi.




Keuntungan Mengembangkan Dana di Akseleran 

Sejujurnya, walaupun aku belum merasakan balik modal karena masa tenor belum berakhir, aku sudah ingin mengembangkan dana sebagian penghasilanku lagi di Akseleran, karena proses yang mudah dan modal investasi pendanaan yang tidak besar. Dan caranya mudah sekali, sekaligus aman karena dipantau OJK.

 Aku pernah mendengar istilah "High Risk, High Return" dan  Sebaliknya "Low Risk, Low Return". Kurang lebih dapat diartikan semakin banyak modal yang dikeluarkan akan semakin banyak keuntungannya dan semakin besar risikonya. Begitupun sebaliknya. Namun aku rasa tidak ada salahnya aku mencoba berinvestasi pendanaan di beberapa kampanye Sebagai tambahan untuk passive income aku. Jadi, buat para ibu rumah tangga atau freelancer seperti aku, jangan takut untuk mengembangkan dana ya!

Dan jika kalian sudah memutuskan untuk melakukan investasi pendanaan di Akseleran, jangan lupa masukkan kode referral  "AKSLTASYA329845"

See you on my next post!




1 comment:

Terima kasih sudah meninggalkan komentar! Saya membaca dan membalas semua komentar yang ditinggalkan disini. Mohon maaf, untuk komentar yang memiliki link hidup, bernada melecehkan dan mengandung unsur SARA, akan saya hapus seketika.

Powered by Blogger.