Perayaan Hari Ginjal Sedunia : Kesehatan Ginjal Untuk Semua

Hi Readers,

Kali ini aku mau sharing singkat mengenai event yang aku ikuti di tanggal 12 Maret 2020 yaitu Event Hari Ginjal Sedunua yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.


Acara ini tentu saja diadakan sebagai sosialisasi mengenai penyakit ginjal. Bagaimana cara mencegah dan juga menanggulangi penyakit ginjal ini. Penyakit ginjal sendiri adalah kelainan yang mengenai organ ginjal dan timbul karen berbagai faktor. Misalnya infeksi, tumor kelainan bawaan, penyakit metabolik atau degeneratif. Penyakit ginjal biasanya juga timbul secara perlahan dan sifatnya menahun. Dan penyakit ginjal juga biasanya muncul tanpa gejala. Sehingga saat dilakukan pemeriksaan, biasanya penyakit ini sudah tahap lanjut. Yang mana pasien sudah harus mengkonsumsi obat seumur hidup juga melakukan cuci darah, saat sudah memasuki stadium akhir atau gagal ginjal kronis.

Kemudian, ada beberapa faktor juga yang menyebabkan penyakit ginjal bisa timbul. Antara lain seperti Obesitas, Tekanan Darah Tinggi, dan Diabetes Melitus. Ketiga hal ini dibuktikan berdasarkan data Riskesdas 2018 dimana proporsi penduduk usia > 18 tahun yang obesitas, mencapai 21,8%, tertinggi di provinsi Sulawesi Utara (30,2%) dan terendah di provinsi NTT (10,3%). Bagi penderita obesitas, ginjal harus bekerja lebih keras, menyaring darah lebih banyak daripada normal untuk memenuhi tuntutan metabolik yang meningkat sesuai berat badannya. Dan peningkatan inilah yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Prevalensi tekanan darah tinggi berdasarkan hasil pengukuran darah di Indonesia, menunjukkan 34,11%, tertinggi di provinsi Kalimantan Selatan sebesar 44,13% dan terendah di Papua sebesar 22,22%. Prevalensi diabetes melitus berdasarkan pemeriksaan dokter pada penduduk usia >15 tahun di Indonesia menunjukkan 2,0% tertinggi di DKI Jakarta sebesar 3,4% dan terendah di NTT 0,9%.

Sedangkan upaya yang telah dilakukan dalam pencegahan penyakit ginjal, antara lain adalah perilaku CERDIK. Yaitu, Cek kesehatan berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga, Diet seimbang, Istirahat Cukup dan Kelola stress. Lalu juga dilakukan pencegahan dan pengendalian penyakit ginjal dengan self awareness yaitu melakukan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah secara rutin serta penguatan pelayanan kesehatan penyakit ginjal.

Demikian sharing aku kali ini, semoga bisa menambah wawasan kita semua tentang penyakit ginjal ya. Jika kalian mau membaca juga tweet aku saat acara ini, kalian bisa mengunjungi link ini, karena aku share beberapa data yang lengkap terkait dengan masalah penyakit ginjal:

https://twitter.com/search?q=tweetasya_%20%23ginjalsehatuntuksemua&s=08

See you on my next post!

Comments

Popular Posts