Bonding Bermakna Bareng Anak Dikala Libur Kerja Untuk Working Mom

January 02, 2023

 


Ternyata menjaga bayi itu bukan sekedar steril botol terus kelar. Terlebih kalau kamu punya anak yang punya kulit sensitif. Ini pengalaman aku pribadi saat memandikan Allana (anak pertamaku) saat pertama kali mandi. Kulitnya banyak merah dan perlu sabun khusus dari mandi sampai peralatan lainnya.


Nah, tepatnya di tanggal 22 Desember 2022 kemarin, dan pas banget aku lagi cuti kerja, aku diundang untuk mengikuti acara Kelas Baby Spa saat Zwitsal 50th Anniversary. Acara ini pas banget di Hari Ibu melalui gelaran “Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna”.





Press Conference & Talkshow


Di sesi pertama, Festival Zwitsal Momen Bonding Bermakna ini dimulai dengan press conference dan talkshow bareng 3 (tiga) pembicara utama yaitu Samanta Elsener, Nikita Willy dan suaminya, dan Mahnessa Siregar.



Acaranya seru banget karena disana kita diskusi tentang bagaimana kita peran seorang Ibu itu begitu penting dalam keluarga. Kitalah orang pertama yang mengetahui anak kita berkembang, kita juga lah orang pertama yang memahami keinginan anak kita ke depannya.

Bagaimana caranya kita bisa mengetahui keinginan anak kita?

Kuncinya belajar. Tidak ada kata selesai untuk belajar, terlebih untuk anak-anak kita. Merekalah yang akan menjadi penerus kita selanjutnya.




Baby Spa Online Class with Mom&Jo

Untuk memeriahkan acara, Zwitsal mengundang Mom&Jo yang udah terkenal dengan spesialis baby spa, kids and mommy. Disini kita diajarkan bagaimana kita bisa melakukan baby spa di rumah sekaligus cara memijat bayi dengan benar.




Oh ya, Nikita Willy dan bayi laki-laki pertamanya Issa Xander Djokosoetono ikut menjadi memeragakan baby bath massage dan baby massage lho! Seru banget, baby Issa juga senang banget bisa ikutan. Anakku yang kecil juga ikutan, dia suka banget sama wangi Zwitsalnya.





Tak hanya itu, Mom&Jo juga sharing nih apa saja yang perlu diperhatikan saat memandikan bayi dan memijat bayi seperti yang aku rangkum berikut ini ya,


Do & Don’t During Baby Bath

Bayi, terutama new born baby itu harus kita take care secara regular ya. Bahkan sebenarnya memandikan bayi itu cukup 2-3 kali saja dalam seminggu lho. 

Nah, untuk memandikan bayi ada 2 (dua) metode yang disebut dengan topping dan tailing. Adapun alat yang diperlukan yaitu:

·       Handuk bersih,

·       Kapas,

·       Air hangat,

·       Popok dan pakaian.

Don’ts: Jangan memasukkan produk apapun ke dalam air hangat.

Dos: Untuk menghindari risiko terguling, pastikan bayi kita lakukan topping dan tailing ditempat yang aman.


Langkah-langkah Topping & Tailing Baby

1.     Pastikan bayi kita sudah melepas semua bajunya dulu ya. 

2.     Ambil kapas secukupnya, celupkan ke air hangat yang bersih. Peraslah, pastikan tidak terlalu basah.

3.     Mulai dengan menyeka sekitar mata bayi kita, hidung, lalu kearah luar. Gunakan kapas baru saat mengganti mata.

4.     Selanjutnya, bersihkan telinga bayi dengan kapas lainnya,

5.     Bersihkan area leher dan keseluruhan wajah dengan kapas yang agak banyak. Lakukan hal ini juga dengan badan dan tangan bayi kita ya,

6.     Lalu, bersihkan area kelamin anak kita, gunakan kapas yang baru agar tidak tersentuh dari area manapun,

7.     Terakhir gunakan kapas baru lagi untuk kaki bayinya. Pastikan kita bersihkan sela-sela jemari kakinya juga.

Dos:

·       Selalu bersihkan area luar telinga dan belakang telinga,

·       Pastikan selalu kikir dan potong kuku bayi hingga halus,

Don’t:

·       Tidak perlu memasukkan cottonbud atau kapas ke dalam telinga bayi,


Do & Don’t for Baby Massage

Selain memandikan bayi, Mom&Jo juga menjelaskan bagaimana cara memijat bayi atau baby massage yang baik seperti berikut ini,

Dos for Baby Massage

·       Gunakan minyak bayi yang teruji kualitasnya. Aku sih pasti pakai Zwitsal, pilih aja yang baby oilnya ya. Atau kalau mau wanginya enak, bisa dicampur dengan minyak telon Zwitsal. Pastikan tangan kita bersih dan anak kita nyaman.

·       Pahami pentingnya efektivitas, dan kekritisan saat memijat bayi. Terlebih ketika mereka sedang cholic, emosional, dan perkembangan lainnya. 

·       Tentukan waktu yang tepat untuk memijat bayi. Baiknya bayi itu dipijat saat ketika mau tidur, ketika rewel atau ketika waktu santai.

·       Pelajari teknik memijat bayi yang tepat. 

·       Jadikan pijat bayi sebagai aktivitas rutin. Kenapa? Karena pijat bayi sendiri bisa membuat waktu bersama bayi kita semakin erat lho.


Don’ts for Baby Massage

·       Meremehkan pijat bayi itu tidak perlu sering. Pijat bayi itu bagus lho Mom. Kegiatan ini sangat efektif untuk meredakan gas, kolik, sulit tidur, dan hidung tersumbat.

·       Jika tidak bisa lakukan sendiri, jangan dipaksa ya. Pastikan kita konsultasi dulu atau belajar bagaimana teknik memijat bayi yang benar.



 






Jika dulu kita menantikan bayi kita untuk segera hadir, sekarang saatnya kita memanfaatkan momen terbaik bersama bayi kita. Waktu tidak akan terasa ke depannya jika kita nikmati bersama, terlebih kalau suami mau ikut bantu dong ya!


Ikutan juga yuk #MomenBondingBermakna bareng bayi kita dengan Zwitsal untuk setiap waktu yang berharga untuk keluarga tercinta.





No comments:

Terima kasih sudah meninggalkan komentar! Saya membaca dan membalas semua komentar yang ditinggalkan disini. Mohon maaf, untuk komentar yang memiliki link hidup, bernada melecehkan dan mengandung unsur SARA, akan saya hapus seketika.

Powered by Blogger.