Perayaan Idul Adha 2019 ala Tasya


Hai semua!

Nggak terasa Lebaran 2019 sudah berlalu. Kayanya, baru aja kemarin bangun jam tiga pagi untuk sahur, dan setiap hari beli takjil untuk berbuka puasa. Dan nggak lupa browsing di toko online maupun offline untuk belanja baru lebaran, seperti yang aku gunakan dibawah ini :


Iya, aku masih semangat banget beli baju baru setiap mau lebaran. Dan belanjanya juga pasti di toko online atau di e-commerce. Karena simple dan memudahkan banget buat aku yang mulai malas jalan- jalan ke mall, kecuali memang lagi ada yang harus aku beli di mall dan tidak ada di online store atau e-commerce.

Terus muncul pertanyaan "Jadi hubungan judul tulisan sama toko online dan baju baru apa?" . Ya sebenernya ini hanya intermezzo aja hahahaha. Sejujurnya yang aku ingin bahas, seperti di judul tulisan ini, yaitu merayakan Idul Adha 2019 ala Tasya tentunya.

Topik perayaan idul adha yang ditetapkan pemerintah sebagai libur nasional, selalu menarik buatku. Kenapa? karena beberapa tahun yang lalu, hari raya idul adha adalah saatnya aku puas-puasin makan ketupat. Bukan disaat hari raya idul fitri. "Loh kok bisa?". Bisa dong, karena pada saat aku SMP kelas dua sampai dengan SMA kelas 1, aku habiskan di Sulawesi Utara, tepatnya di Manado. Nah tradisi umat muslim yang berdomisili di Manado cukup berbeda dengan  yang terjadi di tempat aku tinggal saat ini di Tangerang.

Di Manado terdapat tradisi "Hari Raya Ketupat" dimana hari raya ketupat ini dirayakan bersamaan dengan hari raya idul adha. Seperti namanya, di hari raya ketupat ini umat muslim akan memasak sajian hari raya seperti Buras (ketupat ala Makassar), nasi jaha, Gulai daging, dan juga sayur- sayuran khas Manado lainnya. Dan setiap rumah biasanya juga mengadakan open house, dan para tamu akan dipersilahkan untuk menyantap makanan yang disajikan dirumah mereka.

Namun perlu kalian ketahui, tradisi hari raya ketupat ini sesungguhnya berasal dari Jawa, tepatnya asimilasi budaya jawa yang dilakukan oleh Sunan kalijaga. Dimana Sunan Kalijaga mengenalkan dua istilah kepada masyarakat jawa, yaitu Ba'da Lebaran dan Ba'da Kupat. Ba'da Lebaran dilaksanakan setelah shalat idul fitri, sedangkan Ba'da kupat dilaksanakan satu minggu setelah idul fitri. Dimana hari ini masyarakat muslim berbondong-bondong membuat ketupat untuk dibagikan kepada kerabat terdekat sebagai simbol kasih sayang dan kebersamaan.

Selain tradisi hari raya ketupat di Manado sebagai pelengkap perayaan idul adha, terdapat juga tradisi lain yang dilakukan oleh masayarakat di Sulawesi Tengah, tepatnya suku Kaili  dalam merayakan hari raya idul adha. Tradisi tersebut dikenal dengan nama "Molabe" atau "Memanjatkan doa kepada Allah SWT". Tradisi ini dijalankan dengan menyiapkan talang besar berisi makanan yang disebut Bakii oleh Suku Kaili. 

Bakii ini berisi kalopa (beras pulut) yang dimasak dan dibungkus daun kelapa satu piring, air putih satu gelas, satu sisir pisang matang dan juga olahan daging yang diletakkan di piring kecil. Setelah itu, bakii akan diletakkan didepan orang yang akan membacakan doa (biasanya masyarakat akan memanggil imam masjid). Hal ini dilakukan satu hari sebelum hari raya idul adha, bertepatan dengan idul adha, dan setelah idul adha. Setelah itu mereka akan saling bermaafan, dan juga melaksanakan tahlilan untuk mengenang dan mendoakan kerabat maupun sahabat yang sudah terlebih dahulu mendahului mereka.

Dari sini bisa kita lihat keragaman budaya di Indonesia dalam merayakan hari raya Idul Qurban atau Idul Adha 2019, dimana semuanya memiliki tujuan yang tentunya baik untuk kita semua. Menulis tulisan ini bikin aku jadi ingin pulang ke Manado buat makan ketupat sepuasnya, sayangnya harga tiket lagi cukup mahal jadi sepertinya aku harus menunda keinginanku dan staycation aja nih di Jakarta. Jadi, untuk kalian yang bingung mau kemana saat libur idul adha 2019 yang sangat singkat (karena di jatuh di hari minggu), mendingan staycation dengan booking hotel via online di Traveloka kaya aku yuk!

Comments

  1. Br tau ni gw di manado namanya hari raya ketupat :)

    ReplyDelete
  2. Wah menarik banget tradisi yg ada di Indonesia.Beda kota beda tradisi jadi pengen staycation ke berbagai kota di Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Oooh ada toh tradisi hari raya ketupat.. Seru jugaa sya..aku beli tiket apa-apa juga di traveloka..sampe tiket ke tempat main anak juga..hahah

    ReplyDelete
  4. Bahas hari raya ketupat jadi mau makan ketupat. Idul Adha 2019 ini juga mama aku alhamdulillah berangkat Haji doain ya biar sehat dan lancar semuanya. Amin....

    ReplyDelete
  5. Bebbb kamu org manado toh. Btw aku tuh biasanya beli2 buat liburan, tiket, dll emg divtraveloka lohhh

    ReplyDelete
  6. Emang kalo liburan tuh paling semangat pulkam yaah beb hihi

    ReplyDelete
  7. Wahh bener nihhh staycation aja bebb sekalian refreshing ya gak..aku selalu langganan traveloka lohhh

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar! Saya membaca dan membalas semua komentar yang ditinggalkan disini. Mohon maaf, untuk komentar yang memiliki link hidup, bernada melecehkan dan mengandung unsur SARA, akan saya hapus seketika.

Popular Posts