Peluncuran Layanan Tes DNA Terbaru Dari Cordlife Indonesia - Pentingnya Tes DNA Untuk Kualitas Hidup Lebih Baik


Photo credit to : Papermotion Team 

Hi readers! 

Di blog aku kali ini, aku mau share pengalaman sama kalian mengenai Tes DNA terbaru dari Cordlife!. Tapi sebelumnya aku mau kasih tau dulu ke kalian mengenai Cordlife.  PT Cordlife Persada (Cordlife) merupakan bagian dari Cordlife Group Limited, yaitu perusahaan pelayanan kesehatan untuk segmen ibu dan anak yang didirikan pada tahun 2001 dan merupakan pionir industri penyimpanan darah di Asia, yang telah beroperasi di Singapura, Hong Kong, Malaysia, India, Indonesia, dan Filipina.

 Cordlife merupakan salah satu pemimpin industri penyimpanan darah tali pusat dengan lebih dari 40,000 transplantasi darah tali pusat di seluruh dunia sampai saat ini. PT Cordlife Persada merupakan perusahaan pertama yang mengoperasikan pemrosesan darah tali pusat dan kriopreservasi di Indonesia. Fasilitas Cordlife yang berlokasi di Jakarta dibangun sesuai standar baku dan telah bersertifikat ISO 9001:2015 dan akreditasi dari American Association of Blood Banks (AABB).

Nah di acara yang aku hadiri kali ini, pada tanggal 28 Februari 2020 di D'Banquet Pantai Mutiara,  Cordlife memperkenalkan layanan tes DNA terbaru mereka. Apa sih tes DNA itu? Nah di acara yang aku hadiri kali ini, pada tanggal 28 Februari 2020,  Cordlife memperkenalkan layanan tes DNA terbaru mereka. Apa sih tes DNA itu? Secara umum, Tes DNA lazim diketahui masyarakat sebagai tes pada sampel kromosom gen untuk mencari tahu hubungan kekerabatan seseorang.  Hasil dari penelitian tersebut bisa ditelusuri jejak asal-usul nenek moyang setiap manusia karena DNA (deoxyribonucleaic acid) secara umum berfungsi untuk menyimpan informasi dan menentukan karakteristik biologis pada makhluk hidup, sekaligus membawa informasi genetika.

Seiring dengan perkembangan dunia medis khususnya penelitian terhadap DNA, kini dapat menelusuri jejak profil kesehatan seseorang, resiko kesehatan, serta perbaikan gaya hidup yang diperlukan untuk mendukung kesembuhan hingga menjaga kesehatan tubuh manusia dari penyakit. Sebagai penyimpan informasi biologis, tes DNA menjadi sangat penting dan dapat dilakukan oleh siapapun.

Photo Credit to : Papermotion Team

Pada era globalisasi modern, gaya hidup masyarakat sangat berpengaruh dalam kesehatan manusia. Oleh karena itu, Cordlife juga menghadirkan produk uji genetis yang berguna untuk penelusuran kesehatan yang berhubungan dengan gaya hidup manusia dengan menghadirkan produk Cordlife Genetic Diet, Cordlife Genetic Skin dan Cordlife Genetic Sport.

Cordlife Genetic Diet : merupakan produk tes DNA untuk mencari informasi kebutuhan akan nutrisi dan diet, dengan menganalisis 3 gen yang terkait dengan obesitas dan penambahan berat badan. Hasil ini akan mendukung program gaya hidup sehat yang dilakukan dalam keseharian dan menyesuaikan dengan tipikal metabolisme tubuh.

Cordlife Genetic Sport : Tes DNA ini merupakan uji genetis untuk kebutuhan terkait olahraga dengan menganalisis satu gen yang terkait dengan perkembangan otot. Tes ini memberikan gambaran tips dan saran terkait olahraga dan memprediksi tipe olahraga yang sesuai. Dengan mengetahui tipe genetik otot, maka seseorang dapat menentukan apakah dirinya lebih baik memilih olahraga yang berfokus pada power (kekuatan) atau endurance (ketahanan).

Cordlife Genetic Skin : Tes DNA ini merupakan tes genetis untuk kebutuhan terkait kulit & kecantikan dengan menganalisis 3 gen yang terkait dengan proses penuaan kulit yaitu UV & proses oksidasi dari sel kulit. Tes ini memberikan gambaran bagaimana kulit terpengaruh oleh sinar ultraviolet ataupun kemampuan untuk mengeliminasi oksigen aktif (antioksidan) dan memberikan informasi mengenai proteksi kulit optimum dan regimen kecantikan.



Cordlife Genetic Diet, Cordlife Genetic Skin dan Cordlife Genetic Sport

Photo credit to : Papermotion Team

Nah berhubung aku sedang hamil anak pertama, tentunya aku merasa sangat teratrik dengan tes DNA ini. Terutama, setelah melihat fungsi dari tes DNA itu sendiri. Sebelum acara dimulai, Cordlife juga mengadakan tes kesehatan yang bekerjasama dengan klinik Medilift. Tes ini dilakukan dengan menggunakan alat khusus. Dimana disitu aku ditimbang berat badan dan dianalisa BMI dan juga hal- hal lain terkait dengan kesehatanku. Disitu juga dituliskan olahraga yang disarankan agar aku nantinya bisa memperoleh berat badan yang ideal.

Photo credit to : Papermotion Team

Selanjutnya, acara dimulai dengan talkshow bersama Dr. Monica Surjanto, Sp.KO dari klinik Medifit, pusat rehabilitasi aktif pertama di Indonesia yang menggunakan aktivitas fisik sebagai terapi utama dalam proses penyembuhan suatu penyakit, cedera olahraga, maupun pemulihan pasca operasi. Disini beliau menjelaskan bahwa, Faktor genetik berperan besar dalam kemampuan tubuh seperti kekuatan, kecepatan, dan massa otot. Melalui uji DNA, kita dapat membaca tipe genetik otot sehingga dapat mengetahui juga jenis-jenis olahraga yang sesuai dengan gen kita. Aku juga baru tau setelah ini kalau tidak semua orang cocok dengan jenis olahraga tertentu, dan juga ada jenis olahraga tertentu yang cocok dengan seseorang sehingga dapat mempercepat penurunan berat badan, atau kesembuhan dari cedera yang dialaminya.

Selanjutnya, Ibu Talitha A. Prameswari, Product Marketing Manager PT Cordlife Persada menyatakan PT. Cordlife kini mengembangkan layanan tes DNA/uji genetis melalui Cordlife Genetic di Indonesia. Dan, kehadiran layanan baru tes DNA ini sebagai solusi dari Cordlife kepada konsumen Indonesia yang semakin peduli terhadap kesehatan, agar dapat menyiapkan segalanya bagi keluarga dan diri sendiri. Sedangkan produk andalan dari Cordlife Genetic adalah Genesis 2.0 dimana tes DNA ini merupakan tes genetik paling komprehensif yang dapat mendeteksi hingga lebih dari 360 panel melalui pemeriksaan dari lebih dari 1400 gen. Tes ini dapat membantu untuk melakukan perubahan gaya hidup ataupun tindakan preventif yang dibutuhkan dalam mencegah penyakit. .  Jadi, nanti dari hasil tes DNA akan diketahui kemungkinan penyakit yang diderita dan dengan gaya hidup seperti apa kita dapat menghindari resiko tersebut. Tentunya, kita juga akan diberikan konsultasi dengan dokter pakar genetika agar kita dapat berkonsultasi secara maksimal.

Kemudian, Fanny Ghassani, aktris dan presenter, juga sangat gembira dengan adanya tes DNA dari Cordlife Genetic. Sebagai pekerja di dunia entertainment tentunya Fanny sangat menjaga kebugaran dan bentuk tubuh. Sehingga bagi Fanny yang sangat peduli terhadap kesehatan tubuh, layanan tes DNA terpercaya Cordlife dapat memberikan rasa percaya diri dalam menerapkan gaya hidup yang sesuai. Fanny sendiri telah memanfaatkan produk Cordlife Genesis 2.0, dimana beliau merasa diuntungkan dengan mendapat penjelasan lengkap mengenai resiko potensi penyakit menurut DNA nya, yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Sehingga Fanny dapat melakukan tindakan preventif yang tepat melalui pola diet dan olahraga yang sesuai dengan tubuh nya.

Photo credit to : Papermotion Team

Photo credit to : Papermotion Team
Setelah acara talkshow selesai, acara ditutup dengan peresmian peluncuran Cordlife Genetic, kemudian dilanjutkan dengan zumba di area outdoor Pantai Mutiara.






Kemudian selesai Zumba, acara dilanjutkan dengan Dinner dan pembagian Doorprize dimana aku dua kali menang, hahaha. Hadiah pertama adalah voucher untuk test kesehatan dan hadiah kedua adalah pouch dari Cordlife Indonesia. Sekian dulu blog post kali ini, dan terima kasih banyak juga untuk Unicorn AdCom dan juga Cordlife Indonesia yang sudah memberikan aku kesempatan untuk hadir di acara yang sangat bagus ini!

Comments

Popular Posts