Cara Menghitung Masa Subur Wanita

 

Sumber gambar: https://pixabay.com/id/photos/kalender-tanggal-perencanaan-3073971/

Hi Readers, 

Kalian sudah tahu belum, bagaimana cara menghitung masa subur wanita?. Ditulisan kali ini, aku mau menjelaskan secara singkat bagaimana cara menghitung masa subur wanita. Siklus menstruasi merupakan jarak antara hari pertama mengalami keadaan menstruasi hingga hari pertama untuk menstruasi berikutnya. Seorang perempuan akan mengalami siklus menstruasi yang normal dalam Jangka waktu 21 sampai 35 hari saja.

Akan tetapi, jika dilihat dari segi umumnya, perempuan akan mengalami siklus menstruasi selama kurang lebih 28 hari. Jadi, setiap perempuan memiliki masa subur yang berbeda-beda, mengingat siklus menstruasi yang tidak sama.

Untuk itu, bagi Anda yang telah memiliki pasangan yang sudah menikah, alangkah baiknya mengetahu kapan waktu yang tepat untuk merencanakan sebuah program kehamilan. Sebab, sangat penting sekali untuk mengetahui kapan waktu yang cocok untuk berhubungan intim agar dalam menjalankan program kehamilan berjalan dengan lancar.

Meskipun masa subur seorang perempuan berbeda-beda, namun ketika sudah mengetahui masa subur yang sebenarnya, Anda harus mampu menjaga asupan dari makanan yang akan Anda konsumsi.

Sebab, mengkonsumsi bermagai macam makanan yang memiliki kadar gizi serta nutrisi yang seimbang dapat membantu perkembangan janin agar lebih baik dan juga sehat. Berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menjaga tubuh agar selalu sehat ketika sedang menjalani proses masa subur dalam proses kehamilan.

  1.  Menjaga Berat Badan

Menjaga kesehatan dalam segi berat badan tidak hanya mampu menjaga tubuh agar berkembang normal, akan tetapi juga mampu membuat Anda yang sedang menjalani masa subur dapat dijadikan kunci utama agar segera hamil.

Jika terjadi kekurangan ataupun kelebihan diyakini mampu membuat resiko bagi masalah kesuburan. Cobalah untuk selalu mengecek berat badan naik dan turunnya atau juga berkonsultasi pada dokter yang ahli dalam hal kesuburan.

  1.  Menjaga Asupan Nutrisi Bagi Kesuburan

Tidak hanya menjaga berat badan saja, akan tetapi juga mampu menjaga asupan nutrisi yang akan dikonsumsi setiap harinya. Menjaga pola makan yang seimbang, terdiri dari mengkonsumsi biji-bijian, protein, buah, sayur, dan juga minum susu yang mampu meningkatkan bsistem reproduksi agar berfungsi dengan baik.

Beberapa gizi yang harus dikonsumsi diantaranya adalah sebagai berikut :

A.     Asam Folat

Pada dasarnya, perempuan dianjurkan untuk mengkonsumsi 400 McG asam folat dalam setiap harinya. Anda bisa mengkonsumsi makanan tinggi asam folat agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi dengan baik.

B.      Kalsium

Dengan mengkonsumsi 1000 mg kalsium dalam 1 hari, perempuan mampu melakukan reproduksi. Diantara kalsium yang dapat dikonsumsi yaitu dapat diambil dari yogurt, susu yang rendah lemak, sayuran yang memiliki warna hijau gelap, serta tahu.

C.      Vitamin Prenatal

Vitamin prenatal merumakan salah satu vitamin yang sangat cocok untuk dikonsumsi agar dapat membuat janin mendapatkan kandungan DHA. Yang paling penting adalah Anda harus mengetahui bvutamin prenatal mana yang cocok untuk tumbuh kembang janin.

Salah satu yang dapat anda lakukan untuk menghitung masa subur adalah dengan menggunakan kalender. Seorang perempuan dianjurkan untuk menghitung tanggal dimana ketika mengalami menstruasi dari awal pertama sampai waktu pertama menstruasi pada menstruasi kedua. Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk menghitung masa subur:

·         Mengetahui Jangka Waktu Dari Siklus Menstruasi

Untuk dapat menghitung masa subur, anda dianjurkan untuk mengetahui tanggal serta menandai bulan dimana Anda bmengalami menstruasi pertama sampai hari terakhir, atau hari dimana anda mengakami menstruasi terakhir sebelum masuk dalam periode menstruasi yang akan datang dan selanjutnya

·         Menghitung Perkiraan Dari Masa Subur

Anda perlu mengetahui serta menghitung waktu terpanjang serta terpendek ketika dalam kondisi menstruasi dalam setiap bulannya.

·         Dengan mengurangi 18 hari dari siklus terpendek saat Menstruasi

Ketika hari pertama dalam proses masa subur, biasanya siklus terpendek setiap perempuan pada umumnya adalah 25 hari. Ini berarti hari pertama anda mengalami masa subur adalah 7 hari, dimulai dari gharu pertama menstruasi.

Dengan mengurangi 11 hari dari siklus terpanjang saat Menstruasi

Ketika hari terakhir dalam proses masa subur seorang perempuan, biasanya memiliki waktu 29 hari. Ini berarti hari ke 18 setelah selesai hari pertama menstruasi merupakan hari terakhir dari masa subur seorang perempuan yang telah menikah.

Demikian cara termudah untuk menghitung masa subur wanita. Semoga membantu, ya!



Comments

Popular Posts