Top 15 Kualitas Udara Terburuk Dunia, Inikah Sebab Intensitas Hujan Tinggi di Indonesia?

Apakah Sahabat merasakan hujan lebat yang tidak normal dan banjir dimana-mana? Kira-kira penyebabnya apa ya?

Petugas mencari Korban Banjir di Bogor

Sumber: news.detik.com

Bukan lagi rahasia umum. Walaupun negeri tercinta kita sudah menjadi Top 15 Indeks Kualitas Udara (AQI) terburuk di dunia dari rekor tertinggi Top 3 pada waktu lalu , dampak jangka panjang yang kini kita rasakan adalah perubahan iklim yang terjadi dari awal tahun hingga penghujung tahun 2022.[i] Percaya atau tidak percaya, ini sungguh benar-benar terjadi lho, Sahabat!

Kualitas Udara di Dunia (10 Oktober 2022)

Sumber: iqair.com

Jujur saja, melihat angka ini yang mungkin masih terbilang menurun, saya sendiri masih khawatir dengan dampak jangka panjang polusi udara. Karena Indonesia masih menjadi negara penyumbang emisi gas rumah kaca sebanyak 85% dari total karbondioksida atau CO2.[ii] Inilah selimut polusi yang membuat bumi semakin panas dan menyebabkan perubahan iklim.

Bahayanya Perubahan Iklim di Indonesia

Di tahun 2007, WWF memaparkan laporan tentang “Climate Change: Implications for Humans and Nature” bahwa Indonesia telah mengalami beberapa perubahan iklim diantaranya,

Temperatur Suhu meningkat 0,3◦C

Ketika suhu suatu daerah meningkat, perubahan ekosistem yang akan terjadi salah satunya adalah kenaikan permukaan air laut. Dengan adanya perubahan ini, air laut akan lebih cepat naik ke daratan dan bahkan akan terjadi perubahan kehidupan di beberapa daerah.

Masih ingatkah Sahabat tentang prediksi Jakarta akan tenggelam di tahun 2050?[iii]

Pola Cuaca Beberapa Daerah di Indonesia Berubah

Pada bagian pulau Sumatra dan Borneo akan lebih basah 10 -30 % pada 2080 di bulan Desember-February. Sedangkan Jakarta diprediksikan akan lebih menghangat 5-15% pada Juni-Agustus.

Perubahan Angin Musim dan Curah Hujan

Dalam laporan WWF (2007), angin musim di Indonesia akan datang terlambat 30 hari, curah hujan meningkat 10 % dari bulan April hingga Juni. Selain itu, 75% curah hujan menurun atau terjadi kemarau dari bulan Juli hingga September.

Dengan adanya perubahan ini, ternyata bukan kita sendiri saja yang merasakan hujan yang tidak menentu, perubahan ini juga akan berdampak ke pasokan makanan kita hingga makhluk hidup lainnya.

Dampak Polusi Udara terhadap Iklim Dunia

Dampak Perubahan Iklim Dunia

Sumber: stisforkas.blogspot.co.id

Indonesia bukan hanya negara satu-satunya yang mengalami perubahan iklim ini. Jika hal ini terus menerus terjadi dan tidak ada yang mencari solusinya, maka seluruh dunia akan mengalami,

  • Kenaikan suhu yang lebih ekstrem,
  • Badai yang lebih parah,
  • Kekeringan meningkat dan pasokan air bersih menipis,
  • Peningkatan suhu dan volume lautan,
  • Kepunahan makhluk hidup,
  • Ketidakseimbangan pasokan makanan,
  • Kemiskinan dan pemindahan 

Menjaga Hutan sebagai Solusi Perubahan Iklim

Salah satu cara mengurangi selimut polusi yang makin meningkat adalah dengan Gerakan Reducing Deforestation and Forest Degradation (REDD).[iv] Gerakan ini dilakukan dengan cara menata ulang tata kelola hutan serta penghijauan untuk menekan deforestrasi.

Dengan banyaknya hutan yang kita lindungi, kita pasti bisa mengurangi gas rumah kaca (GRK) dan mengurangi pemanasan global agar iklim kita kembali stabil.

Bersama Kurangi Selimut Polusi, Mulai dari Diri Sendiri

Sampai kapan kita masih berdiam diri? Sampai kapan kita melihat mereka berjuang sendirian?

Sahabat, mungkin sekarang kita belum merasakan perubahan yang signifikan ketika kita masih berkutat dengan kesibukan kita sehari-hari. Namun, ada baiknya kita juga ikut mulai mengubah pola hidup kita mulai dari diri kita sendiri.

Mulai Hidup Hemat Energi

Mulailah dengan yang sederhana seperti mengganti peralatan listrik yang hemat energi misalnya seperti mengganti bola lampu dengan lampu LED. Bisa juga hemat listrik dengan menjemur pakaian dengan terik matahari.

Mencoba Daur Ulang

Sahabat sudah mencoba untuk memilah sampah rumah tangga sendiri?

Ternyata ada banyak lho cara kita mendaur ulang sampah kita sendiri, mulai dari buku-buku bekas, plastik bungkus makanan, dan lainnya.

Ragam Kreasi Daur Ulang Plastik Rumah Tangga

Sumber: pandaibesi.com

Beralih ke Kendaraan Listrik

BBM naik? Sudah saatnya kita mulai mengubah pola hidup kita dengan beralih ke kendaraan listrik. Sekarang ini motor listrik pun harganya mulai terjangkau. Dengan perubahan ini, kita ikut membantu mengurangi polusi udara.

Menggunakan Transportasi Umum

Alih-alih menggunakan kendaraan pribadi yang menguras banyak pengeluaran, saya sendiri pun menggunakan kendaraan umum untuk bolak balik Tangerang-Jakarta. Selain hemat, kita juga bisa mengikuti program pemerintah untuk terus menggunakan transportasi umum agar mengurangi kemacetan.

Beralih ke Sumber Energi Alternatif

Jika menggunakan panel surya mungkin masih dirasa mahal, Sahabat bisa memulai dengan langkah kecil seperti menggunakan air conditioner dan kulkas dengan desain freon yang ramah lingkungan. Aku sendiri baru mengganti kulkas buatan Jepang dengan menggunakan bahan non-CFC. Bagus banget, kamu sudah coba mengganti peralatan rumah tangga yang mana nih?

Suarakan Semua Perubahan ini ke Semua Orang

Jika semua sudah kita lakukan, yuk saatnya kita kasih tahu orang terdekat kita!

Susah. Pasti akan susah awalnya karena kita terbiasa dengan hal yang memang selalu memberikan dampak negatif ke lingkungan kita. Namun, jika tidak mulai sekarang, kapan lagi kita mulai jadi #TeamUpForImpact?

Akankah kita terus melihat mereka yang kesulitan sampai nanti kita sendiri yang merasakan?

Yuk #MudaMudiBumi bersama kurangi #SelimutPolusi dengan berikan contoh terbaik #UntukmuBumiku!

Sumber:

[i] https://republika.co.id/berita/qlbu0o414/koalisi-ibukota-situasi-pandemi-tak-perbaiki-kualitas-udara

[ii] https://blogs.itb.ac.id/pencemud20kelp5tugas2/perubahan-iklim-dampak/

[iii] https://www.cnbcindonesia.com/news/20221008152119-4-378202/ramalan-jakarta-tenggelam-terasa-makin-nyata-ini-buktinya

[iv] https://pusatkrisis.kemkes.go.id/hutan-berperan-dalam-mengurangi-dampak-pemanasan-global

Comments

Popular Posts